Apam Dot Dot (Bolu Karakter)

Di Malaysia rame yang nyebutnya apam dot dot, kalo di Indonesia disebut bolu kukus karakter. Tapi berhubung kali ini saya mbikinnya pake motif polkadot jadi saya leboh sreg dengan nama “Apam Dot Dot”

Apam Dot-Dot

Sebenernya bikin ini juga udah lama, hampir setahunan. Bikin untuk bekal kakak fatimah outbond. Resepnya nyobain charbolnya mbak Diana Cahya. Alhamdulillah pas banget dan langsung suksess. Rasanya pas, gak kemanisan. Teksturnya juga light jadi gak seret gitu.
Untuk isian, saya pakai selai stroberi dan blueberry (kesukaan kak Fatimah).
Berikut resepnya ya :

Bahan :
140 gr terigu
1,5 sdt baking powder (saya pakai 1 sdt aja)
110 gr gula halus
2 butir telur
75 ml susu cair (saya ada yang pakai susu dan ada juga yang pakai santan)
vanili
1 sdt SP

Cara Membuat :
1. ayak terigu dengan baking powder, sisihkan.
2. Kocok telur dan gula hingga mengembang. Masukkan (secara bergantian) susu cair dan tepung, kemudian masukkan vanili dan SP. Mikser hingga mengembang.
3. Ambil 8 sdm adonan, bagi 2. beri pewarna pink dan hijau. Untuk sisa adonan, beri warna kuning.
4. Tuang adonan kuning ke cup bolu, tuang setengahnya. Beri isian selai, kemudian tutupi lagi sengan adonan kuning hingga penuh. Hiasi atasnya dengan dengan adonan hijau dan pink.
5. Kukus selama 10-15 menit.

Red Dragon Smoothies

Red Dragon Smoothies

Beberapa bulan ini saya sedang rajin mengkonsumsi smoothies. Selain untuk tujuan kesehatan, secara tidak langsung smoothies ini bisa menambah produksi asi saya. ini salah satu smoothies yang pernah saya buat.

Bahan :
1/2 buah naga merah
1 buah tomat
1 kuntum sawi
brokoli
1/2 ruas jari jahe
madu
air dingin secukupnya

Cara membuat :
Proses semua bahan kecuali madu dalam blender. Tuang ke dalam gelas dan beri madu sesuai selera.

Puding Mozaic in Cup

Puding Mozaic setelah disiram leci puding

Alhamdulillah kemaren saya kedapetan jatah nyiapin menu berbuka puasa buat di masjid komplek. Gak cuma saya sendiri sih tapi bersama dengan beberapa tetangga lain. Pengalaman tahun-tahun kemaren kebanyakan pada ngasih makanan yang sama semacam risol, paastel atau tahu isi. Nah biar punya saya gak sama dengan yang lain (ceileh… :D) akhirnya saya memutuskan untuk bikin puding mozaic tapi pake cup biar gak ribet makannya. Biar rada-rada kece, isian pudingnya saya cetakin pake cetakan kue kering dan ada juga yang dipotong pake pisau bergelombang. Biar ada variannya dikit…
Continue reading

Bolu Kukus Mambo 250

Bolu Kukus Mambo 250

Bahan-bahan :
250 gr gula pasir
6 butir telur
250 gr tepung terigu
250 ml santan kental
1 sdt SP (optional)
Pasta stroberi, pasta pandan,  pasta jeruk, dan pasta coklat secukupnya

Cara membuat :
1. Didihkan air dalam dandang.  Kocok telur, gula dan SP dengan kecepatan tinggi hingga kental dan berwarna pucat.
2. Kecilkan speed mikser, masukkan terigu dan santan secara  bergantian hingga habis. Aduk hingga rata. (Jangan terlalu lama mengaduk karena adonan bisa turun)
3. Bagi adonan menjadi 5 bagian. Beri pasta pandan, coklat, jeruk, stroberi dan yang putih dibiarkan polos.
4. Tuang adonan merah ke dalam loyang berukuran 20×20 cm. Kukus di dandang sekitar 5-10 menit. Kemudian bergantian warna lain, masing-masing kukus 1 menit. Adonan terakhir (putih) kukus selama 20 menit.

 

Puree Apel

image

Bahan :
1 buah apel malang
2 sdm ASI/ air matang

Cara Membuat:
1. Kupas apel dan buang bijinya. Potong sedang. Kukus sekitar 5-8 menit.
2. Setelah agak dingin, proses dengan blender hingga halus. Jika perlu bisa ditambahkan air matang/ASI.

Puding Roti – Pisang

Puding Roti-Pisang

Ya saya pencinta pisang. Apapun olahan pisang yang disodorkan ke saya pasti akan saya santap. Termasuk panganan yang satu ini. Resep dasarnya adalah puding roti dari NCC dan berhubung di rumah masih ada stok pisang kepok, saya masukkan saja ke dalam adonannya. Rasanya jadi makin nikmeh…. ;)

Resep :
5 lbr roti tawar, potong kotak
5 btr telur
2 sdm margarin, cairkan
600 ml susu cair
200 gr gula pasir
3 buah pisang, potong-potong memanjang
1/2 sdt garam Continue reading

Cumi Rempah Kecap

Cumi Rempah Kecap

Bahan :
500 gr cumi, bersihkan isi dalam dan buang tintanya, cuci bersih
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
1 sdt garam
kecap manis sesuai selera
gula pasir secukupnya
minyak untuk menumis
150 ml air (sesuai selera anda, suka berkuah atau tidak)

Bumbu, haluskan :
3 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt jinten
Continue reading