Puree Apel

image

Bahan :
1 buah apel malang
2 sdm ASI/ air matang

Cara Membuat:
1. Kupas apel dan buang bijinya. Potong sedang. Kukus sekitar 5-8 menit.
2. Setelah agak dingin, proses dengan blender hingga halus. Jika perlu bisa ditambahkan air matang/ASI.

Puding Roti – Pisang

Puding Roti-Pisang

Ya saya pencinta pisang. Apapun olahan pisang yang disodorkan ke saya pasti akan saya santap. Termasuk panganan yang satu ini. Resep dasarnya adalah puding roti dari NCC dan berhubung di rumah masih ada stok pisang kepok, saya masukkan saja ke dalam adonannya. Rasanya jadi makin nikmeh…. ;)

Resep :
5 lbr roti tawar, potong kotak
5 btr telur
2 sdm margarin, cairkan
600 ml susu cair
200 gr gula pasir
3 buah pisang, potong-potong memanjang
1/2 sdt garam Continue reading

Cumi Rempah Kecap

Cumi Rempah Kecap

Bahan :
500 gr cumi, bersihkan isi dalam dan buang tintanya, cuci bersih
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
1 sdt garam
kecap manis sesuai selera
gula pasir secukupnya
minyak untuk menumis
150 ml air (sesuai selera anda, suka berkuah atau tidak)

Bumbu, haluskan :
3 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt jinten
Continue reading

Bolu Kukus Dengan Chocochips

bolkus chocochips

Alhamdulillah akhirnya kesampean juga buat bolu kukus ini. Dan senengnya lagi si bolu mau ketawa sekalipun saya gak pake emulfisier ataupun air soda. Kuncinya adalah mengocok telurnya harus pas dan dandangnya harus beruap banyak saat mengukus.

Seperti biasa, resep saya intip di blog NCC Indonesia dan saya modifikasi sedikit. Tapi menurut  saya hasil akhirnya kue ini agak sedikit padat. Mungkin karena saya tidak menggunakan emulfisier itu tadi. Tapi saya masih belum berani mengurangi takaran tepungnya karena takut si bolkus ini malah gak jadi. Mungkin di percobaan lain kali ya saya kurangi sedikit takaran tepungnya. Continue reading

Donat Kentang

donat kentang

Kalo kata asisten di rumah, donat buatan saya ini menul-menul (gendut) dan enak…
Ihirr..jadi tersandung eh tersanjung deh saya soalnya asisten ini agak picky juga soal makanan.
Gak cuma asisten, yang terpenting pelanggan istimewa saya alias si sulung juga doyaann sama donat ini

Bahan :
350 gr kentang, rebus/kukus, lumatkan
400 gr tepung terigu protein tinggi
11 gr ragi instan
2 butir telur
4 sdm gula pasir
5 sdm susu bubuk
1/2 sdt garam
6 sdm mentega/ margarin
Minyak untuk menggoreng
Gula halus untuk taburan
50 ml air*

Cara Membuat : Continue reading

Rujak Serut

Rujak Serut

Hari minggu ini cuaca bener-bener panas, kepengen makan yang seger-seger rasanya. Entah bawaan orok atau memang sayanya aja yang lagi lapar mata, jadi pengen bikin rujak serut. Sebenernya udah lama pengen mencicipi menu ini tapi kok ya susah nemunya. Baiklah mari kita buat saja kalau begitu :D Seperti biasa, resep patokannya saya lihat di resep rujak serut NCC¬† namun saya sesuaikan dengan persediaan bahan dirumah dan saya sesuaikan dengan selera saya tentunya. Pas udah jadi, ya ampuuunnnn segernya bener-bener memuaskan rasa penasaran saya. Bener-bener endang bambang deh, asem manis pedes semuanya nyampurrrrrrrrr….. yuk ah diintip resepnya

Bahan :
2 buah mangga mengkal
2 buah kedondong
1 buah bengkoang
1 buah timun
1 buah nanas
1 buah ubi merah
2 buah cabe merah
2 buah cabe rawit
150 gr gula merah
5 sdm gula pasir
5 sdm air asam jawa Continue reading

Brownies Kukus Pelangi

brokus rainbow

Akhirnya kesampean juga bikin kue pelangi. Udah lama sebenernya si rainbow ini dibuat, sekitaran Nopember taon lalu tapi karena penyakit malas melanda jadilah belum diapdet blognya :D
Kali ini saya pake resep Brownies Kukus Lapis Cokelatnya ibu Fatmah Bahalwan NCC. DCCnya saya ganti white coklat dan saya skip emulfisiernya, alhamdulillah bisa ngembang. Cekidot yukkk…..

brokus rainbow1

Bahan : Continue reading

Posted in Kue