Hitam Manis Gulung

Hitam Manis GulungUdah sebulanan lebih ada coklat blokk nganggur, sisa bikin brownies beberapa waktu yang lau… Bingung mau diapain nih cokelat..

Mumpung si ayah lagi pelesir keluar, dan Ntikku lagi bobok saatnya bunda ngubek – ngubek dapur.

Namanya sih gaya, Hitam Manis Gulung, padahal cuma dadar gulung yang adonannya dicampur cokelat blok yang dilelehkan. Untuk untinya sengaja pake cara membuat untinya kue bugis dan gak pake gula merah, pake gula pasir aja biar gak gelap semua hasilnya… ( kalo pake gula merah mah jadinya dadar negritos dunk) :p

untuk resepnya, ini dia :

Hitam Manis Gulung ala Bunda Fathimah

Bahan Kulit:

200 gr tepung terigu

4 sdt susu bubuk (aku pake sufornya Ntik, hehehe )

250 ml air

2 sdm mentega, cairkan

100 gr dark cooking choholate (DCC), lelehkan

1 butir telur

1/2 sdt garam

Bahan unti :

1/2 butir kelapa parut (buang kulit arinya)

20 ml air

4 sdm gula pasir (bagi yang suka manis, bisa lebih)

1 lembar daun pandan

how to :

1. Buat adonan kulit. Campur tepung terigu, garam dan air, aduk rata.

2. masukkan DCC yang sudah ditim, mentega cair, aduk. Terakhir masukkan telur, kemudian aduk hingga rata dan kalis. Istirahatkan adonan sekitar 30 menit.

Biasanya adonan akan sedikit menggumpal. Untuk mendapatkan adonan yang halus dan licin, saya menyaringnya dengan ayakan tepung

3. Buat unti, Rebus air dan daun pandan hingga agak mendidih. Masukkan gula pasir, aduk sampai gula larut.

4. Masukkan kelapa parut, masak hingga kelapa agak mengering.

5. Dadar adonan kulit. Masukkan satu sendok sayur ke dalam wajan anti lengket diameter 18cm.

6. ketika adonan dadar sudah matang, angkat dan langsung isi dengan unti, lipat seperti lipatan risoles.

untuk 20 buah

Resep originally by eka felira

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s