Donat Kentang

donat kentang

Kalo kata asisten di rumah, donat buatan saya ini menul-menul (gendut) dan enak…
Ihirr..jadi tersandung eh tersanjung deh saya soalnya asisten ini agak picky juga soal makanan.
Gak cuma asisten, yang terpenting pelanggan istimewa saya alias si sulung juga doyaann sama donat ini

Bahan :
350 gr kentang, rebus/kukus, lumatkan
400 gr tepung terigu protein tinggi
11 gr ragi instan
2 butir telur
4 sdm gula pasir
5 sdm susu bubuk
1/2 sdt garam
6 sdm mentega/ margarin
Minyak untuk menggoreng
Gula halus untuk taburan
50 ml air*

Cara Membuat :
1. Campurkan kentang, telur, dan gula, aduk hingga rata. Masukkan terigu, susu bubuk dan fernipan, adon hingga setengah kalis.
2. Jika adonan sudah tercampu, tambahkan mentega/margarin dan garam, uleni hingga adonan kalis elastis. Diamkan/fermentasikan adonan sekitar 30 menit hingga mengembang.
3. Jika adonan sudah mengembang, ambil sebagian adonan giling dengan rolling pin setebal kurleb 1 cm. Taburi sedikit adonan dengan terigu agar tidak lengket di rolling pinnya. Cetak dengan cetakan donat, lakukan hingga adonan habis
4. Selesai mencetak, goreng donat (berurutan mulai dari yg pertama dicetak agar tidak over fermentasinya) dengan minyak yang banyak dan api sedang. sajikan donat dengan gula halus ataupun topping yang Anda sukai.

Donat_Kentang

Note :
* Air di sini hanya buat jaga-jaga saja kalau ternyata adonannya mengeras. Tapi dari beberapa kali saya buat, adonan donat ini pas saja tingkat kelembutannya tanpa tambahan air.
** Jika tangan lengket ketika menguleni adonan, lumuri tangan dengan margarin/mentega (ini kalo saya loh ya😉 ) Begitu juga ketika mengambil adonan saat akan dicetak, biasanya saya sudah mengoles tangan saya dengan margarin agar tidak lengket.
selamat mencoba ya

Resep asli Eka Felira ^_^

Leave a Reply

