Martabak Bolu Keju Susu

Martabak keju susu

Siapa yang tak suka martabak manis??
Bagi saya menolak martabak manis adalah menolak rezekišŸ˜€
Ceritanya lagi iseng merapikan tumpukan tabloid dan majalah resep yang ada di lemari. Maklum tiap kali habis baca langsung diletakkan begitu saja, tidak disusun rapi (ketahuan gak rapinya ya :(). Sambil merapikan sambil sesekali buka-buka halaman tabloid mencari inspirasi mau masak apa. Eh pas buka tabloid KOKI mata saya tertuju pada resep martabak manis ini. Ahayyy… sepertinya laziz dan layak coba ni..

Di resep asli sebenarnya tidak memakai fernipan dan bubuk coklat, tapi kali ini saya ingin martabak saya terlihat eksotis (jiah bahasanya…) jadilah saya tambahkan coklat bubuk secukupnya pada sebagian adonannya, jadi satu resep ini bisa jadi 2 martabak manis.
Saat membuat adonan martabak ini, sulung saya Fatimah sudah penasaran banget saya akan membuat apa.

Ketika saya bilang hendak membuat martabak manis, Fatimah langsung kegirangan Dia juga doyan martabak manis soalnya (meskipun yang paling digemari adalah bagian pinggirnya yang kriuk-kriuk itu).

martabak bolu susu keju

Martabak Manis Bolu Keju
Bahan A :
250 gr tepung terigu
25 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt fernipan

Bahan B:
2 butir telur
300 ml air/ susu cair tawar

Bahan tambahan :
1 sdm coklat bubuk
gula pasir secukupnya untuk taburan
Margarin
Susu kental manis putih
Keju parut secukupnya (bisa juga ditambah meises atau kacang tanah tumbuk)

Cara Membuat :
1. Campur bahan A hingga rata, masukkan bahan B. Aduk rata dasn kocok dengan whisk balloon. Diamkan 30 menit. Bagi 2 adonan. sebagian adonan beri coklat bubuk. sisihkan
2. Panaskan loyang martabak manis atau wajan datar bagi yang tidak punya loyang martabak manis, oles dengan margarin. Tuang adonan ke loyang, biarkan hingga terbentuk pori-pori, taburi dengan gula pasir. Tutup adonan dan sesekali buka (kurang lebih 3 menit).
3. Angkat martabak, belah dua. Olesi permukaan martabak dengan margarin/ butter. Tuang susu kental manis putih dan keju parut di permukaannya. Tangkupkan martabak dan oles luarnya dengan margarin/butter. Potong-potong dan sajikan.

Sumber : Tabloid Koki

Leave a Reply

